Membangun kegiatan belajar mangajar secara online maupun offline dengan menggunakan moodle

A.Pendahuluan
Assalamu'alaikum wr. wb.
Pada pertemuan kali saya akan melakukan installasi moodle.
Karena moodle merupakan aplikasi web yang digunakan untuk mempermudah dalam proses pembelajaran dan juga bisa digunakan untuk ujian kopetensi.

Pengertian

 
Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses di mana saja[1]. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.
Macam-macam E-Learning
Learner-led e-Learning

Kategori ini dikenal pula dengan istilah self-directed e-learning. Yaitu, e-learning yang dirancang untuk memungkinkan pemelajar belajar secara mandiri. Itulah sebabnya disebut dengan learner-led e-learning. Tujuannya adalah untuk menyampaikan pembelajaran bagi para pemelajar mandiri (independent learner). Begitu katanya. Mbah Will juga menyampaikan bahwa learner-led e-Learning berbeda dengan computer-based training yang sama-sama didedikasikan untuk belajar mandiri. Bedanya, dalam computer-based training, pemelajar mempelajari materi tanpa melalui jaringan internet atau web, tapi via komputer, seperti melalui CD-ROM atau DVD. Nah, dalam learner-led e-learning, semua materi (seperti multimedia presentation, html, dan media interaktif lain) dikemas dan dideliver via jaringan internet/web.

Instructor-led e-Learning

Tentu saja, jenis yang atu ini merupakan kebalikan dari learner-led e-learning, yaitu penggunaan teknologi internet/web untuk menyampaikan pembelajaran seperti pada kelas konvensional. Pendek kata, kelas pindah ke web. Begitu kira-kira. Konsekuensinya, memerlukan teknologi pembelajaran sinkronous (real time) seperti konferensi video, audio, chatting, bulletin board dan sodara sejenisnya.

Facilitated e-Learning

Kategori ini, merupakan kombinasi dari learner-lead dan instructor-led e-learning. Jadi, bahan belajar mandiri dalam beragam bentuk disampaikan via website (seperti audio, animasi, video, teks, dalam berbagai format tertentu) dan komunikasi interaktif dan kolaboratif juga dilakukan via website (seperti forum diskusi, konferensi pada waktu-waktu tertentu, chatting, dll).

Embedded e-Learning

Kategori ini agak berbeda. Embedded e-Learning memberikan upaya agar terjadi semacam just-in time training. Mbah Will menjelaskan sama dengan electronic performance support system. Kategori e-learning ini dirancang untuk dapat memberikan bantuan segera, ketika seseorang ingin menguasai keterampilan, pengetahuan atau lainnya sesesegera mungkin saat itu juga dengan bantuan aplikasi program yang ditanam diwebsite. Saya berikan ilustrasi, kalau gitu. Sebuah rumah sakit, mengembangkan aplikasi berbasis web, yang memungkinkan seorang dokter memperoleh informasi tentang suatu gejala dan kemungkinan penyebab serta alternatif pengobatan yang tepat ketika ia sedang mendiagnosa pasien di kamar periksa. Tentu saja di kamar periksa disediakan workstation (komputer) yang terhubung dengan aplikasi berbasis web tersebut. Semacam job aids yang dideliver via web. Mungkin begitu, maksudnya.

Telementoring dan e-Coaching


Kategori ini adalah pemanfaatan teknologi internet dan web untuk memberikan bimbingan dan pelatihan jarak jauh. Dalam konteks ini, tool seperti telekonferensi (video, audio, komputer), chatting, instant messaging, atau telepon dipergunakan untuk memandu dan membimbing perkembangan  peserta belajar (pemelajar) dalam menguasai pengetahuan, keterampilan atau sikap yang harus dikuasainya. Sama halnya dengan embedded e-learning, kategori ini, lebih banyak diaplikasikan di industri atau perusahaan-perusahaan besar di era global ini.

MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL

Latar Belakang
Penggunaan Moodle untuk kegiatan belajar-mangajar online.

Maksud dan tujuan
Menambah wawasan dn pengetahuan.
Dapat melakukan installasi moodle.
Dapat mengerti apa itu moodle?
Mengerti Fungsi dan tujuan di lakukannya installasi moodle.
Membantu kegiatan pembelajaran dan ujian

Hasil yang diharapkan
Mampu mengerti apa itu moodle,fungsi,dan tujuan installasi moodle di lakukan.

B.Alat dan Bahan
  • Laptop OS Linux
  • LAMP SERVER
  • Moodle

C.Jangka waktu pelaksanaan
Waktu yang di butuhkan untuk melakukan tahapan Installasi moodle yaitu 15 menit.

D.Proses dan Tahapan
Masuk ke user root agar dapatkan kuasa penuh dalam mengkonfigurasi
# su
apabila meminta password masukan passworcnya.
Kemudian salin moodlenya letak moodle saya ada di download,sekarang kita masuk ke folder Downloads
# cd Downloads
Setelah masuk kita cek isi directory dengan perintah
# ls
Jika sudah ada kita copy file moodlenya ke directory /var/www/html .
# cp moodle-latest-33.zip  /var/www/html/
Kemudian kita pindah ke directory /var/www/html/
# cd /var/www/html
Selanjutnya lakukan unzip pada moodle dengan perintah
# unzip moodle-latest-33.zip
Tunggu sampai proses unzipnya sesesai.
Setelah selesai kita beri hak aksesnya
# chown -R www-data:www-data moodle
# chmod 755 moodle
Kemudian buat diretory moodledata di /var/www/ ,karena nanti akan di butuhkan saat proses installasi moodle dan jangan lupa berikan hak akses juga.
# cd ..
# mkdir moodledata/
# chown -R www-data:www-data moodledata/
# chmod 777 moodledata/
Selanjutnya kita menuju ke langkah installasi mooodlenya
Pertama kita buka web browsernya terus tuliskan “localhost/moodle” tanpa tanda petik localhost dan localhost dapat diganti dengan ip server yang kalian gunakan.
Klik next.

Nah disini kenapa kita membuat moodledata karena kita telah membuat moodle data kita langsung next saja.

Lah disini kita disuruh memilih data base yang kita gunakan disini saya menggunakan database mariadb kita pilih mariadb dan next.

Lalu kita buat database di phpmyadmin untuk moodle.

Untuk databasenya saya beri nama moodle.
Selanjutnya kita isikan seperti gambar dibawah ini dan klik next

moodle adalah nama database yang kita buat di phpmyadmin
root adalah user yang saya gunakan untuk login ke phpmyadmin
rece24 adalah password database.
Klik continue.
 
Nah disini adalah pengecekan apakah semua aplikasi yang di butuhkan sudah terinstall semua apa bila semua status ok berarti sudah terinstall semua.
Klik continue


Tunggu sampai semua proses sukses disini akan sedikit lama.
Jika sudah selesai klik continue.


Selanjutnya isi daftar yang sudah tersedia.Untuk kolom yang ada tanda merah wajib untuk diisi
untuk password usahakan 8 karakter dan kombinasi dari satu huruf besar,satu huruf kecil,satu angka,satu ikon atau simbol.
Klik save changes.



Dan proses installasi moodle sudah selesai
 
Dan moodle sudah bisa digunakan

E.Hasil yang di dapatkan
Dapat melakukan installasi moodle dan dapat memanfaatkannya
Dapat menerapkannya serta tahu fungsinya

F.Temuan permasalahan


G.Kesimpulan yang di dapatkan
Pada saat proses pengecekan pasitikan tidak ada peringatan yang lain kecuali untuk peringatan https

Cukup sampai disini pertemuan kali ini terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamu'alaikum wr. wb.
I.Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Desktop Environment

Menginstall VMWare untuk Virtualisasi

Sinkronisasi Waktu Di Mikrotik