Standard Operating Procedure (SOP)

1.Pendahuluan
  • Pengertian 
Prosedur operasi standar (Bahasa Inggris: standard operating procedure, SOP) atau kadang disingkat POS, adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen kualitas yang baik selalu didasari oleh POS.

  • Latar belakang
 Membagi pemahaman tentang sop untuk menghindari kecelakaan.

  • Maksud dan tujuan

Tujuan Standard Operating Prosedure (SOP)

  • Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
  • Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
  • Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
  • Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
  • Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi

  • Hasil yang di harapkan
    Lebih mengerti apa itu SOP 2.Proses dan tahapan pekerjaan
  Ada tujuh tahapan atau langkah yang dapat digunakan untuk membuat suatu prosedur yang baik dan memaksimalkan semua potensi yang ada, anatara lain sebagai berikut:
1.Menentukan tujuan yang ingin dicapai.
2.Membuat rancangan awal.
3.Melakukan evaluasi internal.
4.Melakukan evaluasi eksternal.
5.Melakukan uji coba.
6.Menempatkan prosedur pada unit terkait.
3.Hasil yang di dapatkan
Lebih tahu tentang pentingnya SOP
4.Kesimpulan yang didapatkan

Sop merupakan prosedure yang di lakukan saat bekerja.
5.Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Prosedur_operasi_standar 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Desktop Environment

Menginstall VMWare untuk Virtualisasi

Sinkronisasi Waktu Di Mikrotik